Cara ganti Domain di blogger menggunakan freenom - B14ckh4t
Selamat datang di blog sederhana Anak IT, Dan jangan Lupa sering mampir ke blog ini karena kami akan membagikan voucher wifi.id secara gratis loh... || disini saya akan menjual akun wifi.id komunitas kampus siapa yang berminat bisa klik sini

Cara ganti Domain di blogger menggunakan freenom

Assalamualaikum Wr.Wb halo..guys bertemu lg nih sama gw TeMix Di Kesempatan Kali Ini gw akan membagikan cara ganti domain blogger, Pasti ada yang bertanya apa si itu domain? dan fungsinya apa si?

Pengertian Domain
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untukmempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Fungsi Domain
Tidak lain dan tidak bukan fungsi dari sebuah domain adalah mempermudahkan seseorang dalam mengakses sebuah situs Online tanpa harus berpusing-pusing untuk mengingat sebuah IP Address.

Cara Kerja Domain
Domain merupakan sebuah alamat sebuah situs yang mengantarkan kita kepada sebuah situs. Lah kok tambah bingung Saya? Tidak perlu bingung karena sebuah alamat situs dan situs itu sendiri memiliki suatu keterikatan namun jelas berbeda artinya. Ibarat sebuah alamat rumah dan rumah apakah keduanya ini punya arti yang sama? Jelas tidak, alamat merupakan sebuah arahan (atau bisa dikatakan jalan) untuk mengakses tempat atau lokasi dan rumah adalah sebuah objek atas tempat tersebut.




Domain memiliki sebuah name server (NS) atau bisa disebut juga dengan domain name server (DNS). Name sever merupakan media penghubung antara domain dan hosting, ketika kita mengakses sebuah situs online menggunakan domain maka otomatis akan menghubungkan kita dengan segala data/file pada hosting yang bakal termuat secara visual pada browser Anda.

Oke Langung Saja Kita lanjut ke tutorialnya, Silakan simak baik-baik ya ^_^

1) Buka Account freenom yang telah dibuat (jika belum punya, silahkan buat disini)
2) Buka Account blogspot (blogger) dan masuk ke menu setelan (jika belum punya buat blognya disini)
3) Pada menu setelan dasar, Siapkan URL Pihak ke-3 untuk Blog, tepat dibawah domain blogspot.
4) Selanjutnya, masukkan nama domain freenom yang telah anda buat tadi contohnya www.belajarbersamatemix.ml
5) Maka akan muncul error URL, selanjutnya, copy satu persatu Host Name ke Manage DNS di Freenom.
6)  Setelah itu, masukkan Record IP Google. IP Google sebagai berikut:
"216.239.32.21"
"216.239.34.21"
"216.239.36.21"
"216.239.38.21"
Masukkan IP tersebut pada kolom target. Dengan Type = A. Seperti gambar dibawah ini.
7) Kembali ke blogger, setelah setelan sudah selesai, maka tunggu 2-5 menit. Kemudian simpan perubahan domain. Jika masih error, tunggu beberapa menit dan simpan lagi.
8) 
Jika domain sudah berubah, selanjutnya edit kembali domain pihat ke-3 dan centang alihkan domain kamu, misal belajarbersamatemix.ml ke www.belajarbersamatemix.ml. Ini bertujuan ketika seseorang akses tanpa www didepan, maka otomatis langsung direct ke www. Jangan lupa simpan lagi. 
9)Pemasangan domain telah berhasil silahkan kamu bisa coba cek domain www.belajarbersamatemix.ml
Sekian Dari Tutorial Saya Maaf tidak ada gambar, gambar akan segera di taruh sesegera Mungkin dan jangan lupa klik iklan ya untuk suport kami agar semakin baik, Wassalamualaikum wr.Wb

Tambahkan Komentar Sembunyikan